Resep Roti Maryam

Posted on September 24, 2014 by katering malang in resep cemilan

Assalamu’alaikum wr wb. Lagi pengen makan yang gurih-gurih nih…makanya kali ini pengen bagi resep Roti Maryam khasnya orang-orang Arab sana tuh. Yang saya tahu Roti Maryam itu enaknya kalo dimakan pake gule kacang hijau. Eh, ternyata sekarang ada variasi baru lho buat penyuka cemilan yang satu ini. Bagi yang nggak begitu suka makanan khas arab yang kerasa banget bumbunya ( kalo orang jawa nyebutnya “ empon-empon “ 😀 ) . Tapi bisa juga sih Roti ini di makan langsung karena rasanya yang udah gurih. Untuk alternativ lain kita bisa nambahin aneka toping lho ternyata. Mulai dari susu kental manis, keju, selai jelly aneka rasa, meses, dll , yang mudah kita dapatkan di toko-toko bahan roti.

roti maryamku

Berikut adalah resep Roti Maryam yang telah saya coba dari hasil searching di mbah Guugel. Ternyata gak kalah lho enaknya dari yang biasanya kita beli di penjual martabak daging…

Bahan-bahannya :
 250 gr tepung terigu
Garam dapur secukupnya
175 gr margarin dilelehkan ya…
125 ml air putih

Cara membuat :

  1. Campurkan tepung terigu, garam dapur, 25 gr margarin kedalam wadah adonan.
  2. Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan kalis ( tidak lengket di tangan ) , bentuk bulat dan diamkan kurleb 30 menit.
  3. Bagi adonan menjadi 10 bagian sama besar, bentuk bulat2 dan sisihkan
  4. Gilas setiap adonan sampai  tipis, olesi setiap permukaan adonan dengan margarin hingga merata, gulung memanjang.
  5. Gulung kedua ujung hingga kedua ujung bertemu ditengah
  6. Naikan salah satu gulungan hingga saling bertumpuk, diamkan sebentar lalu gilas lagi hingga tipis
  7. Panaskan wajan datar ( bisa pake wajan anti lengket ), olesi dengan margarin lalu panggang setiap adonan hingga berwarna kecoklatan sambil dibolak-balik sampai matang
  8. Siap untuk dihidangkan beserta toping sesuai selera. Selamat mencoba…. ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *